Songsong Penghargaan Adiwiyata, Gencarkan Menanam di Sekolah

Songsong Penghargaan Adiwiyata, Gencarkan Menanam di Sekolah

MENGGANDENG MKKS SMP, Disdikbud Kuningan melalui Bidang SMP mencanangkan Gerakan Sekolah Menanam khususnya di tingkat SMP di Kabupaten Kuningan. Secara simbolis, gerakan ini diawali dengan penanaman pohon oleh Bupati H Acep Purnama SH MH di lingkungan SMP Negeri 1 Cimahi, Kuningan, kemarin (30/12).

Kepala Bidang SMP Disdikbud Kuningan, Abidin menjelaskan, Gerakan Sekolah Menanam ini sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan sekolah berbasis lingkungan. Pada akhirnya secara bertahap, sekolah yang meraih Adiwiyata bisa mencapai target di kisaran 50 persen pada tahun mendatang.

“Ini spirit kita untuk mencapai Sekolah Adiwiyata. Insyaa Allah kita akan mencapai angka yang ditargetkan, tahun depan bisa 50 persen dari total 108 sekolah,” imbuhnya.

Gerakan sekolah menanam sebagai wujud kesiapan setiap sekolah dalam meraih Adiwiyata.“Sekolah merupakan sebuah arena, dimana pembelajaran harus multi. Tidak hanya persoalan menulis, tapi bagaimana siswa kita diberikan sebuah pemahaman kaitan dengan pembelajaran lingkungan agar peduli terhadap alam dan lingkungan,” ujar Abidin.

Ketua MKKS SMP Kuningan Drs H Supriadi MPd menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan program Gerakan Sekolah Menanam di semua SMP baik swasta maupun negeri.

“Mudah-mudahan dengan progres hari ini, semoga semua bisa berbenah diri sesuai arahan Pak Bupati. Yakni bisa melaksanakan amanat Pak Bupati kaitan dengan Sekolah Adiwiyata,” katanya penuh semangat.

Dia mengakui, jika sekolah yang meraih Adiwiyata baru beberapa. Kedepan dengan diawali Gerakan Sekolah Menanam, maka target Sekolah Adiwiyata bisa tercapai 50 persen di tahun mendatang.

“Kami mengajak semua teman-teman di SMP untuk bergerak bersama-sama, agar bisa mewujudkan Gerakan Sekolah Menanam. Jadi semua sekolah khususnya tingkat SMP akan melakukan hal serupa, demi terwujudnya Sekolah Adiwiyata,” tutupnya.(ags)

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: